Untuk meningkatkan kemampuan aparatur peradilan di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Bangka Belitung guna menuju peradilan modern berbasis teknologi informasi maka Pengadilan Tinggi Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Kepaniteraan dan Kejurusitaan pada tanggal 19 – 21 Februari 2020 di Bangka City Hotel Pangkalpinang. Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, Bapak Kornel Sianturi membuka acara tersebut yang dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris Pengadilan Tinggi Bangka Belitung serta Ketua Pengadilan Negeri Pangkalpinang, sungailiat dan Koba.

Bapak Kornel Sianturi dalam sambutannya mengatakan bahwa para peserta yang mengikuti bimtek ini adalah peserta yang telah diseleksi yang dapat meneruskan maksud dan tujuan dari kegiatan ini pada satker masing masing. Sesuai silabus dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Bimtek ini adalah terkait E-litigasi dan program lain yang mendukung program nasional sehingga admin IT dari tiap satker juga diikutkan. Peserta harus serius dan disiplin dalam mengikuti setiap materi kegiatan agar nantinya dalam pelaksanaan E-litigasi dapat terlaksana dengan baik. 

Dengan berlakunya Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik serta Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 129/KMA/SK/VII/2019 tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara Elektronik, Pimpinan MARI berharap Seluruh Pengadilan segera menerapkan tanda tangan elektronik dalam sistem peradilan berbasis elektronik (e-court) sehingga mewujudkan sistem peradilan Indonesia yang cepat, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat. Fasilitas yang berhubungan dengan E Court baik fisik dan sistem teknologi informasi harus disiapkan dengan baik dan benar karena hal ini sangat menentukan dalam pelaksanaan sidang elektronik atau E-litigasi. 

Didampingi oleh WKPT ibu Asnahwati, Bapak KPT mengalungkan tanda peserta secara simbolis sebagai tanda kegiatan bimtek ini resmi dilaksanakan.