Pangkalpinang (19/8/2019)  Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74 tanggal 19 Agustus 2019 akan jatuh pada hari Senin. Upacara dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB di halaman kantor Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, yang diikuti oleh seluruh pengadilan sewilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baik peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Ibu Asnahwati langsung bertindak sebagai pembina upacara dihadapan peserta upacara.

Peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-74 ini mengambil tema “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani”. Tema ini merefleksikan bahwa saat ini semua lembaga yang memberikan layanan publik dituntut untuk mampu menangkap perubahan yang terjadi di tengah masyarakat, serta mampu melakukan inovasi agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan masyarakat. Inovasi dalam konteks modernisasi layanan merupakan hal yang penting sebagai pendorong bagi lembaga-lembaga yang memberikan layanan publik agar senantiasa responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta merupakan sarana perwujudan keterbukaan dan akuntabilitas lembaga publik kepada masyarakat.

Dalam kesempatan Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung ke-74 ini juga akan diluncurkan e-litigasi dengan disahkan Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik telah meredesain praktik peradilan Indonesia khususnya terkait sengketa perdata dan Tata Usaha Negara dari sistem konvensional menjadi sistem yang setara dengan praktik peradilan modem yang telah diterapkan oleh negara-negara yang dikenal maju dari sisi teknologi. Kebijakan terkait e- litigasi memuat tiga hal utama sebagai pengembangan dari e-court yaitu pertukaran dokumen elektronik (Jawaban, Replik, Duplik, dan Kesimpulan), Pembuktian Elektronik, dan Penyampaian Putusan Secara Elektronik. Seiring pengesahan kebijakan ini, Mahkamah Agung telah bergerak cepat dengan membuat petunjuk teknis serta melakukan sosialisasi ke Hakim dan aparatur peradilan yang lembaganya akan dijadikan sebagai percontohan dalam penerapan e-litigasi.

Dan bersamaan juga diluncurkan Himne Mahkamah Agung. Himne ini diharapkan bisa mempersatukan tekad, semangat, dan jiwa seluruh warga peradilan serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan warga peradilan terhadap lembaga peradilan.

Seluruh rangkaian upacara berjalan dengan tertib, lancar dan khidmat, ditutup dengan do’a. Setelah upacara dibubarkan maka dilakukan sesi poto bersama seluruh warga pengadilan sewilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian acara di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng untuk memperingati hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-73, yang di serahkan oleh WKPT Babel kepada WKPTA Kep. Babel dan para ketua pengadilan tingkat pertama, dan dilanjutkan dengan makan bersama.(it-ptbabel)