Persyaratan Banding Perkara Pidana / Tipikor

  1. Surat Permohonan Banding
  2. Akta Pernyataan Banding
  3. Permintaan Banding diajukan selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari sesudah putusan dijatuhkan
  4. Surat Kuasa Khusus (Jika Ada)
  5. Akta Pemberitahuan Permohonan Banding
  6. Memori Banding
  7. Kontra Memori Banding
  8. Akta Pemberitahuan Memori Banding
  9. Akta Pemberitahuan Kontra Memori Banding
  10. Inzage (Pemeriksaan Berkas)
  11. Berkas perkara banding bundle A dan bundle B dalam waktu selambat-lambatnya 14 hari sejak permintaan banding diajukan sesuai ketentuan pasal 236 ayat 1 KUHAP, harus sudah dikirim ke Pengadilan Tinggi.
Biaya

Proses Penyelesaian Perkara Pidana Tingkat Banding Tanpa Biaya.

 Waktu Penyelesaian

Proses Penyelesaian Perkara Pidana selama 3 (tiga) bulan (Sesuai Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 02 Tahun 2014).


 

 

Persyaratan Banding Perkara Perdata

  1. Berkas Bundel A dan Bundel B Pengadilan Negeri
  2. Salinan Putusan Pengadilan Negeri
  3. Surat Permohonan Banding
  4. Akta Pernyataan Banding
  5. Akta Pemberitahuan Permohonan Banding
  6. Memori Banding
  7. Kontra Memori Banding
  8. Akta Pemberitahuan Memori Banding
  9. Akta Pemberitahuan Kontra Memori Banding
  10. Inzage (Pemeriksaan Berkas)
  11. Surat Kuasa Khusus (Jika Ada)
  12. Bukti Setoran Biaya Perkara
  13. Berkas Perkara Banding Bundel A dan Bundel B dalam waktu 30 Hari sejak pernyataan banding diajukan sesuai ketentuan Buku II Pola Pembinaan Administrasi Peradilan, harus sudah dikirim ke Pengadilan Tinggi;
Biaya

Proses Penyelesaian Perkara Perdata Tingkat Banding Rp 150.000,-

Waktu Penyelesaian

Proses Penyelesaian Perkara Pidana selama 3 (tiga) bulan (Sesuai Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 02 Tahun 2014).

PELAYANAN INFORMASI DI PENGADILAN
BERDASARKAN KEPUTUSAN KETUA MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR: 1-144/KMA/SK/1/2011

  1. Syarat Memperoleh Informasi di Pengadilan
Biasa :
  1. Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan.
  2. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik.
  3. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori diakses publik,(Rahasia).
  4. Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima.
Khusus :
  1. Pemohon datang secara langsung ke Pengadilan, jika diwakilkan harus menyertakan Surat Kuasa.
  2. Permohonan informasi diajukan secara langsung.
  3. Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan.
  4. Informasi yang diminta termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses publik.
  5. Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima.

 

2. Waktu

2 (dua) sampai dengan 6 (enam) hari kerja.

 

3. Biaya
  • Dalam dokumen elektronik (Email)
  • Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi tersebut, Pemohon membayar biaya sebesar

Biaya Fotokopi        : Rp. 300,- per lembar

Biaya CD-R            : Rp. 3.000,- per keping

Biaya Transportasi    : Rp. 20.000,- (jika diperlukan).

(Sesuai Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Nomor W7.U/0698/HK.02/5/2019 tanggal 3 Mei 2019).

  • Terhadap permohonan informasi mengenai penggandaan putusan atau penetapan tidak dikenakan biaya leges karena yang dapat diberikan kepada pemohon bukan merupakan salinan resmi.

 

PROSEDUR BIASA.

 

PROSEDUR KHUSUS.

Waktu untuk menyampaikan surat permohonan surat permohonan perpanjangan penahanan selambat – lambatnya 10 ( sepuluh ) hari sebelum masa penahanan berakhir.

Biaya permohonan perpanjangan penahanan gratis / tidak ada biaya.

PERSYARATAN
  • Surat keterangan / permohonan penelitian dari Perguruan Tinggi / Institusi.
  • Identitas peneliti (KTP / Kartu Mahasiswa)
PROSEDUR / PROSES PEMBERIAN IZIN PENELITIAN
  • Proses Administrasi
  1. Surat permohonan penelitian dari Perguruan Tinggi / Institusi yang dikirim ke Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak menerima surat permohonan, diberikan jawaban dan akan dikirim ke alamat Perguruan Tinggi / Institusi pengaju.
  2. Pemohon / peneliti datang dan mendaftar ke PTSP kantor Pengadilan Tinggi Bangka Belitung dengan menyerahkan surat keterangan / permohonan penelitian dan foto copy identitas. Petugas melakukan verifikasi dan meregister surat permohonan dan akan memberikan jawaban paling lambat 2 (dua) jam sejak menerima surat permohonan penelitian.
  • Proses Penelitian
  1. Setelah pemohon / peneliti datang dan melapor kepada petugas PTSP, petugas PTSP berkoordinasi kepada Kepaniteraan Muda Hukum untuk proses penelitian.
  2. Kepaniteraan Muda Hukum melakukan wawancara kepada pemohon / peneliti tentang masalah penelitian tersebut.
  3. Kepaniteraan Muda Hukum membantu dalam melakukan penelitian, pengumpulan data dan wawancara langsung kepada majelis hakim.
  4. Apabila pemohon / peneliti telah selesai melakukan penelitian, maka pemohon dapat meminta surat keterangan telah selesai melakukan penelitian paling lambat 1 (satu) jam setelah selesai melakukan penelitian.
BIAYA

Penelitian di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung tidak dikenakan biaya / bebas biaya.

Keterangan :

  • Untuk menjaga kerahasiaan terdakwa (para pihak) penggandaan copy putusan tidak diperkenankan kecuali mendapat izin dari pimpinan.

Pasal 3 dan 4 Undang-Undang No. 18 Tahun 2003

SYARAT PENYUMPAHAN ADVOKAT :

  1. Dewan Pimpinan Pusat dari Organisasi mengajukan Permohonan Pengambilan Sumpah kepada Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung.
  2. Setiap Calon Advokat yang mengajukan penyumpahan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  • warga Negara Indonesia.
  • bertempat tinggal di Indonesia.
  • tidak berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil atau Pejabat Negara.
  • berusia sekurang-kurangnya 25 (Dua puluh lima) tahun.
  • berijazah yang berlatar belakang Pendidikan TInggi Hukum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Ayat (1).
  • lulus ujian yang diadakan oleh Organisasi Advokat.
  • magang sekurang-kurangnya 2 (Dua) tahun terus menerus pada kantor Advokat.
  • tidak pernah di pidana karena melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara 5 (Lima) tahun atau lebih.
  • berprilaku baik, jujur, bertanggung jawab, adil dan mempunyai integritas yang tinggi.
  • Pas photo 3 x 4 berlatar belakang warna merah sebanyak 2 lembar.

BIAYA PENYUMPAHAN ADVOKAT :

Membayar uang leges sebesar Rp. 10.000,-

WAKTU :

Setelah berkas selesai diverifikasi, ada kesepakatan waktu pelaksanaan penyumpahan advokat antara pihak pelaksana dan pemohon penyumpahan advokat.

Sebelum menjalankan profesinya, Advokat bersumpah menurut agama dan berjanji dengan sungguh-sungguh di sidang terbuka Pengadilan Tinggi di Wilayah domisili hukumnya.