Acara Persiapan dan Pendalaman materi Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI) Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bangka Belitung yang dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2019 dibuka secara resmi oleh ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, Bapak Kornel Sianturi. Kegiatan ini diikuti oleh para hakim, panitera termasuk jajarannya di lingkungan Pengadilan Negeri sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Provinsi Bangka Belitung bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Provinsi Bangka Belitung.

Nara sumber adalah Ketua Tim RB Mahkamah Agung RI , Jeanny HV Hutauruk, S.W., M.M., Ak., C.A. beserta tim. Ibu Jeanny saat ini menjabat sebagai sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Badan Peradilan Militer Tata Usaha Negara MA RI. 

Reformasi Birokrasi (RB) sampai saat ini terus diupayakan setiap institusi atau lembaga negara, hal itu bertujuan menuju wilayah bebas korupsi (WBK) & birokrasi bersih melayani (WBBM). Beliau mengingatkan khususnya kepada para hakim yang hadir saat kegiatan pendalaman materi reformasi birokrasi agar dalam memutuskan suatu perkara berpedoman yang berlaku.

 

Tujuan Reformasi Birokrasi ini adalah Untuk Mewujudkan GOOD GOVERNANCE pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bangka Belitung yang akan dilihat hasilnya dalam pelaksanaan Zona Integritas dengan standarisasi nilai survey Indeks Persepsi Korupsi.

 

Penyampaian Materi yang atraktif dan penguasaan materi yang luas membuat suasana penyampaian materi semakin menarik dimana peserta antusias dalam mempelajari materi serta bertanya mengenai Zona Integritas.

 

Tim RB dan ZI Mahkamah Agung RI juga melakukan evaluasi dokumen PT Babel, PN Pangkalpinang, PN Sungailiat dan PN Tanjungpandan. Nilai Tertinggi diberikan untuk PN Sungailiat. KPT Babel menyampaikan agar PT dan PN Babel melengkapi evaluasi dari Tim MA RI agar nantinya dapat meraih sertifikat Zona Integritas.