Pangkalpinang, (Senin, 12/04/2021)

Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung YM Ibu Asnahwati, S.H., M.H. melaksanakan Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah atau Janji Advokat di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Bangka Belitung pada hari Senin, 12 April 2021 di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, dengan diikuti oleh 28 peserta dari Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung mengingatkan bahwa sumpah atau janji yang telah diucapkan oleh para Advokat harus dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab dan diharapkan dapat menjaga marwah pengadilan, sehingga dapat dihormati dengan tidak melakukan sesuatu yang tidak tepat dalam pelayanan terhadap masyarakat. Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung juga menyampaikan salah satu inovasi dari Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, yaitu percepatan penyelesaian perkara paling lama 1(satu) bulan (lebih cepat dari ketentuan dalam PERMA Nomor 2 Tahun 2014, paling lama 3 bulan), dengan proses Administrasi 1 hari One Day Minute, sehingga pada hari itu juga isi putusan bisa diumumkan  One Day Publish dalam Direktori Putusan dan pengiriman berkas perkara paling lambat 1 hari kepada Pengadilan Negeri Pengaju. Putusan yang telah diucapkan, pada hari itu juga diminutasi dan diumumkan dalam Direktorat Putusan.

Disamping itu, Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung menyampaikan bahwa para Advokat hendaknya mendukung implementasi Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik (E-Court), agar dapat tercapainya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.