Pada Rabu, 23 September 2020, bertempat di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (Ka PT Babel) hadir sebagai salah satu nara sumber dalam Rapat Koordinasi Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan dan Polisi (Dilkumjakpol) – Plus Tahun 2020, yang diselenggarakan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel, dihadiri 40 peserta terdiri dari perwakilan Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan, Kepolisian dan BNN, UPT Pemasyarakatan serta UPT Imigrasi Propinsi Kep. Babel, dengan mengusung tema : “Membangun Sinergitas Aparat Penegak Hukum dalam Memasuki Tatanan Kehidupan Normal Baru di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”.

Ketua PT Babel sebagai salah satu nara sumber menyampaikan, bahwa Mahkamah Agung menyikapi perkembangan penyebaran pandemi covid-19 mengeluarkan Surat Edaran MA RI No. 6 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja di Lingkungan MA RI dan Badan Peradilan yang Berada Di Bawahnya dalam Tatanan Kehidupan Normal Baru, agar memperhatikan Surat Edaran MA RI No. 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pemcegahan Penyebaran Covid-19, antara lain melaksanakan sidang perkara pidana secara daring/teleconference dalam masa pencegahan penyebaran covid-19 dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Perjanjian Kerjasama antara Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung dan Kemenkumham tanggal 13 April 2020 Nomor : 402/DJU/KM.01/4/2020; Kep-17/Ejp/04/2020; PAS-08.HH.05.05 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Persidangan Melalui Teleconference serta supaya memastikan bahwa out-put dari produk pelayanan peradilan yang dilakukan secara on-line maupun off-line tetap sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Mahkamah Agung menyerap masukan dan saran terkait permasalahan ataupun kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan sidang on-line perkara pidana dalam sistem peradilan pidana terpadu di tengah situasi pandemi covid-19, selanjutnya hal tersebut akan dibahas oleh Kelompok Kerja yang sedang menyusun lebih lanjut aturan tentang mekanisme e-litigasi perkara pidana. Oleh karena itu, Ketua PT Babel menghimbau dan mengajak forum Dilkumjakpol Kep. Babel saling bersinergi dan berkoordinasi serta berdiskusi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan ataupun kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di instansi masing-masing, untuk kebaikan provinsi Kep. Babel dan terhindar dari pelanggaran hak asasi manusia.

——