Pengadilan Tinggi Bangka Belitung melaksanakan kegiatan pencanangan dan pembangunan Zona integritas pada hari kamis tanggal 21 Maret 2019. Langkah ini adalah bentuk nyata dari komitmen Pengadilan Tinggi Bangka Belitung untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) & Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

 

Namun hakikatnya sebagai implementasi dari pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi.

 

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan termasuk para pejabat dari Forkopimda tingkat I Provinsi Bangka Belitung antara lain, 

Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono, 

Kepala Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung Aditya Warman SH MH diwakili, 

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Bangka Belitung Sulistiarso diwakili dan 

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bangka Belitung Brigjen Pol Nanang Hadianto diwakili.

 

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, Kornelis Sianturi SH MH mengatakan jika penerapan ZI sesungguhnya menurut ia saat ini telah diterapkan oleh pihaknya.

Hal itu terlihat dari kondisi pelayanan di Pengadilan Tinggi Bangka Belitung saat ini menggunakan pola atau sistem layanan satu pintu atau disebut PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). 

 

Sementara Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan justru sangat berharap jika seluruh intansi di provinsi Bangka Belitung dapat merealisasikan secara nyata penerapan ZI menuju WBK & WBBM.

“Jikalau hal itu dapat direalisasi maka masyarakat Bangka Belitung akan merasa senang dan bahagia,” 

 

Meski begitu, Erzaldi sendiri menilai hal itu akan berimbang jikalau diiringi dengan kualitas pelayanan pada masing-masing institusi/lembaga negara dilakukan secara maksimal, seperti halnya penilaian dirinya terhadap lembaga Pengadilan Tinggi Bangka Belitung dinilainya relatif baik. 

 

Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung,  Didit Srigusjaya mengharapkan agar kegiatan ini tidak seremonial saja namun direalisasikan.

 

KPT Babel minta kepada semua pihak yang terkait agar mendukung Pengadilan Tinggi Bangka Belitung dan Pengadilan Negeri di wilayahnya dalam menerapkan zona integritas karena berhasil atau tidaknya akan otomatis membawa nama baik provinsi ini…..