Pangkalpinang (Rabu, 20/1/2021), Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (PT Babel) YM. Ibu Asnahwati, S.H., M.H. selaku Ketua Majelis Hakim Sidang Luar Biasa telah mengambil sumpah, melantik dan memimpin serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri (PN) / Tipikor / Hubungan Industrial Pangkalpinang dari Bapak Rendra Yozar Dharma Putra, S.H., M.H. kepada Bapak Victor Togi Rumahorbo, S.H., M.H. dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Mentok dari Bapak Golom Silitonga, S.H., M.H. kepada Ibu Erica Mardaleni, S.H. M.H. bertempat di ruang sidang utama PT Babel, dihadiri Wakil Ketua PT Babel, Hakim Tinggi dan Ad Hoc Tipikor, Panitera, Sekretaris PT Babel dan Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris PN se-wilayah PT Babel serta Pejabat Struktural / Fungsional dan Aparatur PT Babel maupun perwakilan dari PN Pangkalpinang dan PN Mentok serta perwakilan Dharma Yukti Karini Cabang PN Pangkalpinang dan PN Mentok.

Ketua PT Babel memberikan arahan antara lain, kepada Ketua PN sebagai pimpinan / top manajemen, mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam melakukan pembinaan untuk semua kegiatan di PN, maka Ketua PN harus mampu memberi dan memastikan bahwa seluruh kegiatan core-business berjalan sebagaimana mestinya untuk mewujudkan visi Mahkamah Agung, yaitu mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang Agung melalui empat misinya: Menjaga kemandirian badan peradilan; Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan bagi pencari keadilan; Meningkatkan kualitas kepemimpinan badan peradilan; dan Meningkatkan transparansi badan peradilan.

 Selain itu, sebagai lembaga peradilan menghadapi ekspektasi publik yang tinggi terhadap layanan lembaga peradilan dan sebagai aparatur peradilan dituntut bergerak cepat untuk mengatasi perubahan-perubahan yang ada, dengan meningkatkan kualitas layanan serta melakukan inovasi terhadap bentuk-bentuk layanan publik yang diberikan oleh lembaga peradilan. Kualitas lembaga peradilan dituntut tidak hanya mencakup kualitas atas subtansi putusan pengadilan, namun mencakup pula aspek-aspek yang berhubungan dengan layanan yang disediakan oleh lembaga pengadilan.

Setelah kegiatan serah terima Ketua PN Pangkalpinang dan Ketua PN Mentok, dilaksanakan serah terima Ketua Dharma Yukti Karini (DYK) Cabang PN Pangkalpinang dari Ny. Feni Anggriyanti Rendra kepada Ny. Rohana Siagian dan Ketua DYK Cabang PN Mentok dari Ny. Agatha Golom kepada Ny. Vitta Damayanti Syarif, disaksikan oleh Ny. Cahaya Tajuddin selaku Plt. Ketua DYK Daerah Provinsi Bangka Belitung.