Dalam rangka Monitoring dan Evaluasi atas Laporan Hasil Pengawasan (LHP) reguler ke Pengadilan Negeri Sewilayah Hukum Bangka Belitung, pada tanggal 29-30 September 2020 Tim Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Bangka Belitung melakukan Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi ke Pengadilan Negeri Pangkalpinang,  dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung YM Ibu Asnahwati, S.H., M.H. selaku Pembina dan Hakim Tinggi Ibu Setia Rina, S.H., M.H. selaku Ketua Tim Pembinaan dan Pengawasan bersama para anggota, guna memantau tindakan penyelesaian terhadap temuan dalam LHP dari Tim Pembinaan dan Pengawasan Daerah yang telah dilakukan sebelumnya.

Ruang lingkup pemeriksaan meliputi Manajemen dan Administrasi Peradilan serta Pelayanan Publik dan Keterbukaan Informasi, kemudian hasil kesimpulan dari Tim Pembinaan dan Pengawasan merekomendasikan kepada Ketua Pengadilan Negeri Pangkalpinang agar  meningkatkan pengawasan melekat sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan efektif dan efisien sesuai kegiatan serta berpedoman kepada ketentuan peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung YM Ibu Asnahwati, S.H., M.H. selaku Pembina, memberikan Pembinaan dengan memaparkan PERMA Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya, untuk dipedomani dan dicermati guna mengefektifkan pencegahan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas atau pelanggaran perilaku  aparat pengadilan.