Pangkalpinang, (Selasa, 06/04/2021). Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (PT Babel) menyelenggarakan Sosialisasi “PERMA Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik” yang disampaikan oleh Ketua PT Babel Y.M. Ibu Asnahwati, S.H., M.H. dan “Penerapan Program Tilang Elektronik / Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)” yang disampaikan oleh Kabagbinops Ditlantas Polda Babel Kompol Deddy D. Putra, SIK, bertempat di ruang sidang utama PT Babel, dengan peserta sosialisasi dari Pengadilan Negeri, Kepolisian Resort, Kejaksaan Negeri, Lembaga Pemasyarakatan Umum dan beberapa organisasi advokat yang berada di Kota Pangkalpinang maupun Kab. Bangka serta dihadiri Wakil Ketua, Hakim Tinggi/Ad Hoc, Sekretaris dan Panitera PT Babel.


Sosialisasi bertujuan untuk menyegarkan atau mengingat kembali ketentuan-ketentuan teknis isi PERMA Nomor 4 Tahun 2020 dan yang lebih utama sebagai upaya untuk mengetahui hambatan atau permasalahan yang dihadapi serta mencari solusi atas hambatan/permasalahan yang timbul dari pelaksanaan persidangan secara elektronik di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, sehingga pelaksanaan persidangan secara online/elektronik diharapkan tetap dapat memenuhi hak-hak para pihak pencari keadilan dengan adil dan berkualitas.

Sedangkan sosialisasi tentang penerapan Program Tilang Elektronik/Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) merupakan sistem penegakan hukum dibidang lalu lintas berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik, berupa kamera/alat yang dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis tanpa ada interaksi langsung/fisik antara petugas dan pelanggar, sebagai metode penerapan di masa pandemi Covid-19/New Normal.